5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Cepat Gemuk, Nomor 3 Paling Sering Tak Disadari

Wecome Masuk PTN di Situs Kami!

Jakarta – 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Cepat Gemuk, Nomor 3 Paling Sering Tak Disadari

Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah. Meski Anda sudah rutin berolahraga dan menjalani pola makan sehat, berat badan Anda mungkin tidak akan turun sesuai angka yang diinginkan.

Hal ini bisa jadi akibat dari kebiasaan buruk yang sering dilakukan setiap hari namun tidak disadari. Alih-alih mencapai berat badan ideal, berat badan Anda justru lebih mudah bertambah.

Ahli diet Weight Loss Clinic Kathleen Zelman mengatakan kuncinya adalah menghentikan kebiasaan buruk lama dan memulai kebiasaan baru yang sehat. Bagaimana Mencegah Gizi Buruk dan Stunting pada Anak? Ini Saran Ahli

“Lakukan sesuatu yang baru selama 21 hari dan Anda bisa menghentikan kebiasaan itu,” kata Zelman seperti dikutip dalam WebMD. Kebiasaan buruk yang membuat berat badan cepat bertambah.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya Anda hindari mulai sekarang. 1. Makan terlalu cepat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan dengan cepat lebih besar kemungkinannya mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Ini karena tubuh memerlukan waktu untuk memberi tahu otak bahwa ia sudah kenyang.

Oleh karena itu, pemakan cepat dapat dengan mudah makan lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuhnya sebelum merasa kenyang.2. Jangan minum cukup air

Studi memperkirakan bahwa 16 hingga 28 persen orang dewasa mengalami dehidrasi, dan orang lanjut usia lebih berisiko mengalami dehidrasi. Kurang minum air putih bisa menyebabkan rasa haus. Menariknya, tubuh bisa salah mengartikan rasa haus sebagai tanda lapar atau keinginan untuk makan.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang minum dua gelas air sebelum sarapan mengonsumsi 22 persen lebih sedikit kalori saat makan dibandingkan mereka yang tidak minum air.3. Anda duduk terlalu lama

Di negara-negara Barat, rata-rata orang dewasa duduk selama 9 hingga 1 jam sehari. Meski tampak tidak berbahaya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang duduk dalam jangka waktu lama lebih besar kemungkinannya mengalami kelebihan berat badan. Selain itu, mereka memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kronis dan kematian dini.

Enam analisis penelitian terhadap hampir 600.000 orang menemukan bahwa orang dewasa yang duduk lebih dari 10 jam sehari memiliki risiko kematian dini 34 persen lebih tinggi. Orang yang duduk dalam waktu lama, hingga 10 jam, biasanya adalah para pekerja kantoran.

Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda duduk dalam waktu lama, pastikan Anda berolahraga beberapa kali seminggu sebelum bekerja, saat makan siang, atau setelah bekerja. Dia tidak cukup tidur

Kurang tidur dikaitkan dengan penambahan berat badan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti perubahan hormonal dan kurangnya motivasi untuk berolahraga.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan menganalisis kebiasaan tidur lebih dari 68.000 wanita selama 16 tahun. Mereka menemukan bahwa wanita yang tidur kurang dari 5 jam semalam memiliki risiko lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang tidur 7 jam atau lebih.

Parahnya lagi, orang yang kurang tidur cenderung menumpuk lemak perut atau lemak visceral. Terlalu banyak lemak visceral dalam tubuh dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 25. Makan sambil menonton TV. 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Cepat Gemuk, Nomor 3 Paling Sering Tak Disadari

Makan sambil menonton film atau hiburan televisi lainnya ternyata bisa berkontribusi terhadap penambahan berat badan.

Saat otak mengalami gangguan, maka otak tidak akan langsung menerima sinyal dari tubuh bahwa perut sudah kenyang. Akibatnya, orang tersebut akan terus mengonsumsi makanan hingga habis.

Sebuah tinjauan terhadap 24 penelitian bahkan menemukan bahwa orang makan lebih banyak di antara waktu makan ketika perhatian mereka terganggu. Tonton video “Apakah Makanan Larut Malam Bikin Gemuk?” (hakim)