Bau Ketiak Pertanda Diabetes hingga Penyakit Ginjal, Waspadai Ciri-cirinya

Sugeng rawuh Masuk PTN di Website Kami!

Jakarta – Bau Ketiak Pertanda Diabetes hingga Penyakit Ginjal, Waspadai Ciri-cirinya

Dalam bahasa medis, bau ketiak atau bau badan disebut dengan bromhidrosis. Jika bau tak sedapnya berlebihan, maka itu adalah kondisi jangka panjang.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, penyebab kondisi ini cukup kompleks dan bisa dipicu oleh beberapa faktor. Faktor yang umum ditemukan adalah keringat berlebih dan bakteri dalam tubuh. Studi Ungkap Pemilik Golongan Darah yang Lebih Berisiko Kena Serangan Jantung

Namun pada beberapa kasus, bau badan atau bau ketiak bisa memicu penyakit seperti obesitas, penyakit gula darah bahkan benjolan di ketiak. Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh makanan dan obat-obatan tertentu.

Makanan yang mungkin mempengaruhi bau badan antara lain bawang bombay, rempah-rempah dan produk kari, serta minuman beralkohol. Pengaruh genetik juga dilaporkan mempengaruhi bau badan seseorang.

Menurut Klinik Cleveland, bau badan terjadi ketika bakteri di kulit bersentuhan dengan keringat. Kulit kita secara alami penuh dengan bakteri. Saat kita berkeringat, air, garam, dan lemak bercampur dengan bakteri tersebut sehingga menimbulkan bau tak sedap.

Pada kondisi yang disebut hiperhidrosis, seseorang berkeringat berlebihan. Orang dengan kondisi ini mungkin lebih sensitif terhadap bau badan karena mereka banyak berkeringat, namun seringkali kelenjar keringat ekrinlah yang paling menyebabkan ketidaknyamanan pada telapak tangan dan kaki yang berkeringat.

Setiap kali Anda berkeringat, ada kemungkinan tubuh Anda mengeluarkan bau tak sedap. Beberapa orang lebih sensitif terhadap bau badan yang tidak sedap dibandingkan yang lain.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi bau badan adalah: stres olahraga atau kecemasan cuaca panas, kelebihan berat badan, genetika

Gejala bau ketiak merupakan tanda suatu penyakit

Banyak penyakit dan penyakit yang berhubungan dengan perubahan bau badan seseorang: diabetes, tiroid yang terlalu aktif, penyakit hati, penyakit ginjal, penyakit menular. Bau Ketiak Pertanda Diabetes hingga Penyakit Ginjal, Waspadai Ciri-cirinya

Jika Anda menderita diabetes, perubahan bau badan mungkin merupakan tanda ketoasidosis terkait diabetes. Kadar keton yang tinggi membuat darah menjadi asam dan badan berbau buah. Pada kasus penyakit liver atau ginjal, bau pemutihan bisa terjadi karena penumpukan racun di dalam tubuh.

Tonton video “Mengetahui gen ABCC11 yang tidak menyebabkan bau ketiak pada orang Korea dan Jepang” (NAF/NAF)